Jumat, 02 Desember 2011

Macam-macam Sistem Operasi Pada Tablet PC

Sekarang ini bisa dibilang sebagai trennya Tablet PC. Banyak orang dalam berbagai kesempatan dan waktu terlihat mempergunakannya, mungkin Anda termasuk salah satu diantaranya. Karena fungsi tablet sendiri tidak hanya untuk membantu pekerjaan saja, melainkan sudah menjadi gaya hidup. Dengan banyaknya berbagai macam tablet yang beredar di masyarakat, maka yang patut Anda ketahui adalah sistem operasi yang menunjang tablet PC Anda. Terdapat empat sistem operasi yang harus Anda ketahui diantaranya adalah:

Android OS

Sistem operasi yang sedang naik daun ini adalah yang paling banyak dipilih oleh produsen tablet PC saat ini. Kelebihan sistem operasi ini adalah kostumisasi  Anda dapat sesuka hati mengatur user interface (UI) yang Anda inginkan, terutama pada menu home. Anda juga dapat menambahkan widget berupa informasi cuaca, agenda, task manager, indikator baterai, hingga shortcut untuk social media seperti Facebook. Tanpa kostumisasi pun, UI yang ada pada Android sudah terlihat menarik dan mudah digunakan. Untuk Anda yang memang hobi "mengutak-atik", Anda dapat melakukan rooting untuk mendapatkan akses tak terbatas dalam hal kostumisasi. Beberapa hal yang dapat dilakukan setelah melakukan root antara lain menginstall aplikasi pada media storage hingga mengoverclock prosesor dan device yang digunakan.
Banyak pilihan aplikasi yang sangat beragam juga menjadi kelebihan Android. Bahkan sebagian besar aplikasi tersebut dapat didownload secara cuma-cuma.

iOS

Sama seperti Android, iOS banyak digemari karena  UI yang dimilikinya, iOS terakhir (iOS4) bahkan sudah dapat dikostumisasi walaupun tidak sekompleks Android. Device tablet yang menggunakan iOS hanya iPad dan iPad 2 karena sistem operasi ini merupakan OS yang "ekslusif". Hal ini berdampak positif pada performa yang sangat optimal ketika digunakan. Saat menjelajahi menu didalamnya digunakan. Saat menjelajahi menu didalamnya, pergeseran antar menu terasa sangat smooth tanpa adanya lag.
Apple menyediakan market bagi para pengguna iPad yang bernama App Store yang berisi bermacam aplikasi. Selain aplikasi yang masuk dalam karegori media, utility, dan entertainment, iOS juga memiliki ratusan game yang memiliki kualitas grafis yang menawan. Hal ini menjadi kelebihan dan keunggulan dari tablet besutan Apple ini.

Blackberry Tablet OS

Penampilannya sekilas mirip dengan Blackberry OS pada smartphone. Perbedaannya ada pada user interface-nya. Blackberry Tablet OS mengandalkan sistem sentuh sepenuhnya untuk menjelajah menu di dalamnya. Sayangnya, jumlah aplikasi maupun game pada OS ini masih sangat terbatas, tidak seperti yang ada pada Blackberry OS versi smartphone. OS ini juga belum mendukung built-in Blackberry Messenger yang selama ini justru menjadi andalannya.

Windows 7

Tampilan dan user interface yang ada pada windows 7 versi tablet sangat mirip dengan versi dekstopnya. Begitupun dengan beragam aplikasi yang diperuntukkan bagi sistem operasi ini, merupakan aplikasi yang sama dengan versi desktop. Untuk dapat mengoperasikan OS ini, tablet berbasis Windows 7 harus memiliki perangkat hardware kelas tinggi.

Sumber: Chip

Tidak ada komentar:

Posting Komentar