Sabtu, 09 April 2011

Tips Memperbaiki Motherboard Mati total - 2


Tips ini aku posting karena mungkin dari temen2 ada yang punya Motherbord tapi dah gak sehat lagi n dah di vonis harus ganti. Tips ini merupakan pengalamanku sendiri, dan mudah2an bisa berguna buat temen2 sekalian...ok langsung aja di simak ceritaku...
Waktu itu ada Customer yang datang ke tempatku untuk service CPU-nya, dia bilang gak mau nyala. Aku langsung berfikir tu masalah pasti di Power Supply... Setelah aku cek ternyata sehat2 aja, Aku mulai berfikir jangan2 Motherboardnya..Ehhh ternyata bener2 tu Motherboard emang ko'it alias meninggal...
Dengan sangat terpaksa aku bilang ke customernya harus ganti motherboard, n langsung aja dia mengiyakan.Setelah beberapa hari setelah kejadian itu pas ngobrol sama temen2 tentang seputar service komputer, salah satunya ada yang memberi info kalau Motherboard kotor / berdebu itu juga mempengaruhi kinerja n bisa juga bikin g mau hidup MB itu sedndiri, nah dari obrolan itu aku berinisiatif mencoba membersihkan MB yang Matot itu, eh ternyata udah aku bersihin te2p g mau nyala...karena aku jengkel aku masukin ke kolam ikan tu MB biar kapok.
Setelah kurang lebih 1 minggu pas aku bersihin kolam aku ambil lagi tu MB, soalnya kok kelihatan kasihan..he..he..he..
Aku bersihin trus aku keringin ( jemur ) selama 2 hari. nah pas dah kering iseng2 aku coba hidupin tu MB daaaannnnnn JRENGGGGGGG ternyata mau hidup lagi n berjalan normal.....
Aku penasaran dan cari tau tentang pengalamanku itu.
Ternyata begini devinisinya....
Komponen dari MB kebanyakan adalah IC, nah IC itu sendiri jika ditaruh di suhu dingin akan menghasilkann kinerja yang maksimal...ini sih KATANYA...he..he...
JADI INI TIPSNYA :
" Kalau MB kalian mati cuci aja terus rendam di air kurang lebih satu minggu trus angkat dan tiriskan...(he..he..kayak masak aje..)maksudnya keringkan dan jemur sampai benar2 kering. trus coba deh stater mau hidup ndak????"
Hal ini sudah ku coba pada 3 MB n semua berhasil...
Tapi INGAT!!!! prosesornya jangan sampai ikut di cuci... bisa tambah nangis tuh. mati semua...yang di cuci cuma MB thok....ok coy...!!??
Sebagai tambahan MB yang mati harus yang memang bener2 mati dengan sendirinya, bukannya karena kebakar karena arus listrik ( konsleting ).
Selamat mencoba...n semoga berhasilll...

6 komentar:

  1. Kebetulan yang beruntung he2 eh apa mesti 1 minggu tuh direndemnya

    BalasHapus
  2. kalo di masukin frezer gi mana ya.../???
    kan lebih dingin....
    tapi patut di coba....thank's ya share-nya...

    BalasHapus
  3. Wahhhh.. mantab ne gan... soalx q lg da masalah juga dngan mtherbot mati,... hidup terus tukang servis indonesia

    BalasHapus
  4. Waaaaaah, info baru yg selama hidup ana baru tahu ini, gak rugi kalo dicoba......terima kasih banyak kawan...

    BalasHapus
  5. ya silahkan di coba saja, tapi terus terang, dengan mencuci ini saya cuma sekali saja berhasil... :D

    BalasHapus
  6. adanya banyak mainboard menunggu untuk berendam nih kayaknya.

    BalasHapus