Jumat, 02 Desember 2011

Aplikasi Penting pada Komputer Tablet

Setelah membeli komputer tablet, hal pertama yang mungkin akan dilakukan adalah memfungsikan komputer tablet dengan berbagai aplikasi. Namun, dengan berbagai ragam aplikasi yang ada, manakah yang perlu didownload terlebih dahulu? Untuk Apple iPad, berikut ini adalah beberapa aplikasi yang cukup menarik untuk mendayagunakan iPad.
  • Photoshop Express. Merupakan aplikasi gratis untuk menampilkan foto atau memfungsikan iPad sebagai digital photo frame. Pengeditan sederhana, seperti croping, rotasi, flip, filter dan penambahan efek juga dapat dilakukan dengan aplikasi ini.
  • Kindle. Dengan warna layar yang jernih dan fitur touch-sensitive display pada iPad, banyak pengguna yang lebih suka membaca ebook melalui aplikasi Kindle ketimbang lewat aplikasi iBook atau perangkat Kindle. Selain gratis, aplikasi Kindle for iPad memiliki beberapa fitur, seperti mengubah background menjadi hitam dengan teks putih, memberikan bookmark, font setting, menyembunyikan status bar, dan animasi saat membalik halaman.
  • iWork. Walaupun boleh dibilang komputer tablet kurang nyaman untuk pekerjaan kantor seperti pengolah kata atau spreadsheet, bukan berarti aplikasi semacam ini tidak tersedia. iWork merupakan salah satu aplikasi iPad yang dapat digunakan untuk mengolah kata (pages), spreadsheet (Numbers), dan presentasi (Keynote). Aplikasi ini dapat dibeli di Apps store dengan harga $10 untuk setiap aplikasi.
  • TweetDeck. Aplikasi TweetDeck adalah aplikasi gratis iPad untuk mengelola account Facebook dan Twitter. Dengan TweetDeck, Anda dapat meng-update status Facebook dan Twitter secara bersamaan dari satu dashboard.
Untuk komputer tablet dengan sistem operasi Android, berikut ini beberapa aplikasi yang penting untuk dimiliki.
  • Astro File Manager. Fungsi utamanya seperti pada Windows Explorer. Dengan interface yang menarik, Astro File Manager mampu menangani download file, membrowse, membuat dan menekstrak file ZIP, membuat shortcut, mengirim file attachment, memilih multiple file, melakukan pencarian file dan sebagainya.
  • ThinkFree Office. Merupakan aplikasi office untuk mengolah dokumen pada komputer tablet berbasis Android. Pada Samsung Galaxy Tab, aplikasi telah terinstall. Seperti halnya aplikasi office, ThinkFree Office mampu mengelola dokumen untuk pengolah kata (ThinkFree Write Mobile), spreadsheet (ThinkFree Calc Mobile), dan presentasi (ThinkFree Show Mobile).
  • Netcounter. Netcounter dapat digunakan untuk menampilkan transfer data yang telah dilakukan melalui jalur telepon ataupun koneksi Wi-Fi. Aplikasi ini cukup berguna ketika komputer tablet Anda tidak memiliki koneksi data yang unlimitted sehingga diperlukan pemantauan.
  • Nesoid. Bukan hanya PC yang memiliki emulator untuk memainkan game lama. Nesoid merupakan aplikasi emulator pada komputer tablet berbasiskan Android. Versi ringan dari Nesoid dapat didownload dengan gratis, sedangkan full versionnya harus dibeli dengan harga $3.49 yang dilengkapi dengan fitur untuk menyimpan posisi terakhir game pada SD Card dan meloadnya untuk melanjutkannya lain waktu serta net-play menggunakan bluetooth.
Sumber: PCMedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar