Selasa, 24 Januari 2012

Apkomindo Optimistis 2012 Mampu Jual 6,5 Juta Komputer

REPUBLIKA.CO.ID,SOLO--Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) menargetkan dalam tahun ini bisa menjual sebanyak 6,5 juta unit komputer baik produk luar negeri maupun dalam negeri.

"Pengusaha komPuter yang tergabung dalam Apkomindo dalam tahun 2011 hanya mampu menjual sebanyak 4,5 juta unit komputer, untuk tahun 2012 kami mentargetkan penjualan sebanyak 6,5 unit komputer baik untuk buatan luar negeri maupun dalam negeri," kata Suhanda ketua Apkomindo, seusai Munas Apkomindo di Solo, Sabtu.

Menyinggung mengenai banyak produk komputer rakitan para pelajar Sekolah Menengah Kejuraan (SMK), ia mengatakan hal itu sangat bagus dan pihaknya juga akan membantu memasarkan.

"Kami siap untuk memasarkan prodak anak bangsa ini kalau memang sudah dibuat secara massal dan untuk dipasarkan secara bebas".

"Sebenarnya untuk merek suatu komputer baik itu rakitan luar negeri maupun dalam negeri tidak ada bedanya, karena komponen yang ada itu juga dari hasil pabrik yang tidak berbeda pula," katanya.

Menyinggung mengenai pasar komputer di dalam negeri, Suhanda memprediksikan pasar akan terus meningkat, karena alat ini sekarang komputer sudah tidak lagi dianggap barang mewah.

Ketua DPD Apkomindo Jawa Timur Tritan Saputra mengatakan, untuk di daerahnya sekarang ini telah menguasai 20 persen dari pasar komputer nasional.

"Kami berharap dengan menjamurnya di SMK yang telah bisa merakit komputer itu harga bisa lebih murah dan terjangkau oleh masyarakat, sehingga penjualan juga bisa terus meningkat," kata dia.

Semenara itu Ketua DPD Apkomindo Sulawesi Selatan Syamsul Kadar mengatakan kalau tahun 2011 untuk pemasaran komputer di daerahnya hanya laku antara 5.000 sampai 7000 unit per bulan, tapi tahun 2012 diharapkan bisa naik mencapai 10.000 unit per bulan.

Kenaikan pemasaran komputer ini karena di daerah ini sekarang sedang banyak proyek-proyek besar dengan jangka waktu yang lama, otomatis mereka itu akan belanja barang-barang tersebut.

Munas Apkomindo yang berlangsung di Solo itu telah berhasil memilih pengurus baru dengan Ketua Agustinus Sutandar dan Sekjen Go Mulia Oskar. Munas tersebut dihadiri 24 utusan dari 27 DPD Apkomindo yang ada di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar