Kamis, 31 Maret 2011

Tutorial Lengkap Joomla


CMSDengan dikeluarkannya Tutorial Lengkap Joomla, diharapkan pembaca mampu untuk memahami serta mempraktekkannya. Joomla mempermudah kita untuk membuat suatu halaman web yang dilengkapi dengan CMS. Selain CMS, ada juga istilah FrameWork dan sebenarnya masih banyak yang lainnya tapi menurut Saya elemen itu yang paling sering dibicarakan banyak orang. Sebelum Tutorial Lengkap Joomla ini dimulai, Saya akan sedikit membahas tentang CMS dan FrameWork.

CMS kepanjangan dari content management System adalah perangkat lunak yang memungkinkan seseorang untuk menambahkan dan/atau memanipulasi (mengubah) isi dari suatu situs Web. CMS ini terdiri dari 2 elemen yaitu Content Management Application (CMA) dan content delivery application (CDA). CMA ini mampu mengolah dari isi web tanpa harus mengetahui dari kode html-nya sedangkan CDA digunakan untuk memperbarui / meng-update content dari situs tersebut. Kemampuan dari CMS itu sendiri adalah publikasi berbasis Web, manajemen format, kontrol revisi, pembuatan index, pencarian, dan pengarsipan. Joomla itu sendiri adalah CMS yang opensource dari PHP dan MySQL.

Sebenarnya FrameWork adalah bagian dari PHP. Kalau ditelusuri lebih jauh framework dari php ini sangat kompleks. Tapi yang perlu diketahui dari FrameWorks adalah dengan menggunakan FrameWork kita dapat membuat sebuah aplikasi berbasis web yang jauh lebih cepat dan lebih mudah dibandingkan dengan kita membuat menggunakan cara manual.

Agar tidak terlalu lama, Saya ungkapkan tutorialnya ke dalam E-book dan akan Saya berikan linknya saja. Link ini tidak langsung menuju ke file tutorialnya, melainkan melalui TOS atau etika dalam menggunakan e-book ini terlebih dahulu yang didalamnya terdapat link untuk mendownload filenya. Teman - teman bisa download disini.

Sekian pembahasan Tutorial Lengkap Joomla dari Tutorial Pembelajaran. Mungkin beberapa waktu kedepan saya kurang aktif dalam aktifitas ngeblog dikarenakan Saya harus mempersiapkan untuk ujian, mengerjakan tugas, proyek, dll. Harap Maklum... ^_^. Walaupun demikian, Saya masih tetap berkunjung dan memberi komentar di blog Sobat sekalian. Semoga berguna bagi teman - teman dan bermanfaat.
http://tutorial-pembelajaran.blogspot.com/2010/05/tutorial-lengkap-joomla.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar