Rabu, 08 Februari 2012

Pear OS Berubah Menjadi Comice OS


alt

Masih ingat distro Linux berbasis Ubuntu dengan tampilan ala Mac OS yaitu Pear OS Linux? Pada versi terbarunya nanti, David Tavares sebagai pengembangnya memutuskan untuk mengganti nama distro tersebut menjadi Comice OS 4.

Padahal Pear OS Linux 3.0 baru diluncurkan beberapa bulan lalu. Versi 4 merujuk dari versi lanjutan Pear OS yang sebelumnya telah mencapai versi 3.0. Tidak dijelaskan alasan perubahan nama tersebut, tapi yang pasti Comice menawarkan pembaruan maupun perbaikan dari Pear OS.

Secara umum apa yang ditawarkannya masih sama dengan Pear Linux, yaitu distro linux berbasis Ubuntu dengan tampilan ala Mac OS. Comice OS 4 sendiri sampai saat ini belum resmi dirilis. Namun situs resminya telah memberikan sedikit bocoran mengenai feature-feature yang ditawarkan serta screenshot dari beberapa feature yang ada.

Secara default Comice telah menyertakan aplikasi pendukung yaitu Mozilla Firefox, Thunderbird, LibreOffice, Clementine, Shorwell, Totem, Bleachbit, serta Flash Player. Comice dibangun menggunakan Linux kernel 3.2 dan GNOME 3.2.1. Antarmuka Comice akan menggunakan Comice Shell.

Comice Shell merupakan modifikasi dari Gnome Shell yang memiliki tampilan layaknya sistem operasi Mac OS. Antarmuka ini nantinya akan memberikan dua pilihan tampilan, yaitu Mission Control yang akan menampilkan beberapa aplikasi yang berjalan dan Launchpad untuk melihat aplikasi yang telah terpasang.
Comice OS 4 diklaim akan memiliki kompatibilitas driver yang lebih baik dibanding Pear OS, seperti pada perangkat wireless dan juga dukungan terhadap kartu grafis AMD. Rencananya, sementara ini Comice OS 4 hanya akan hadir untuk versi 64-bit.

Jika ingin melihat feature dan screenshot Comice OS 4 secara lebih lengkap, Anda bisa mengunjungi situs resminya di http://pear-os-linux.fr/.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar