Jumat, 17 Februari 2012

Memperbaiki Charger Laptop

Charger atau adaptor laptop memang merupakan barang yang sangat vital dari laptop itu sendiri, karena jika rusak tentu kamu tidak akan bisa menyalakan laptop kamu.  Adaptor atau yang sering disebut juga sebagai charger untuk laptop harganya sangat lah mahal, oleh karena itu banyak orang berpikir dua kali untuk membeli adaptor.

Hal yang paling sering terjadi pada charger atau adaptor laptop adalah mati total, namun tidak sedikit juga adaptor laptop yang masih menyala namun tidak normal saat memberi tegangan kepada laptop tersebut.
Mati total bisa terjadi akibat short nya kabel adaptor pada keluaran (menuju laptop) adaptor, sehingga membuat komponen yang berada di dalam adaptor tersebut mengalami kerusakan. Dengan mahalnya harga charger atau adaptor tersebut, saya menawarkan lokasi service charger laptop yaitu pada peta diatas.

Biasanya adaptor laptop rusak karena beban berlebih yang diberikan dari laptop. Sehingga menyebabkan rusaknya dioda ataupun komponen aktif lainnya seperti transistor.

Tidak terlalu banyak tempat service atau bahkan service centre yang mau untuk memperbaiki charger laptop tersebut. Pada umumnya jika anda membawa charger untuk diperbaiki, pastilah anda disarankan untuk mengganti baru charger anda dengan harga yang lumayan mahal bagi saya sendiri.
Namun anda bisa sendiri memperbaikinya bahkan dengan peralatan seadanya. Ada beberapa alat yang diperlukan untuk membongkar dan memperbaiki charger laptop yang rusak tersebut, yakni :
  1. Gergaji besi.
  2. Obeng negatif.
  3. Solder.
  4. AVO meter.
Hal pertama yang harus dilakukan adalah menggergaji charger anda dibagian pinggir body. Belahan bekas gergaji tersebut kemudian dibuka menggunakan obeng negatif sehingga membuka semua sambungan chasing charger yang terhubung kuat oleh lem. Setelah terbuka semua anda hanya tinggal mengecek kerusakan yang terjadi di dalam mesin charger tersebut dengan menggunakan AVO meter. selanjutnya tinggal otak atik aja gan.... :D :D





Tidak ada komentar:

Posting Komentar